Penulis:
Betha Natalia Aritonang, M.Pd.
SMAS YADIKA Bandar Lampung
aritonangbethanatalia@gmail.com
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran
berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. (1) pada siklus I, persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 40% dengan kategori lamban dan persentase rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63% dengan kategori
setara; (2) pasa siklus II, persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 62% dengan kategori setara dan persentase rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 77% dengan kategori unggul; (3) pada siklus III, persentase rata-rata berpikir kritis siswa meningkat kembali menjadi 79% dengan kategori sangat unggul dan persentase rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat kembali menjadi 83% dengan kategori sangat unggul.
Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, hasil belajar siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah
(Problem Based Learning)